tips-membeli-benda-antik

Tak peduli berapapun uang yang perlu dikeluarkan, penggemar dan kolektor benda-benda antik tak akan keberatan untuk membeli dan menambah koleksinya. Dengan harganya yang selangit tersebut, tentu kita harus berhati-hati saat membeli barang-barang kuno agar tidak tertipu barang palsu. Agar koleksi barang antik Anda juga terjaga keindahannya, perawatan khusus dan telaten sangat diperlukan. Saat ingin menjual salah satu koleksi lama pun, harga jualnya masih tetap tinggi.
Tips membeli benda antik. Membeli barang antik memang paling tepat dilakukan secara langsung ke sebuah toko, agar bisa menilai keaslian dan nilai seni barang tersebut. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah keaslian dari sebuah benda antik. Anda bisa mengecek originalitas dari sebuah barang dengan menanyakan sejarahnya pada penjual. Sayangnya, terkadang si penjual sendiri tak tahu menahu tentang sejarah dan keaslian barang tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba cara lain, yaitu dengan mencari tanggal pembuatan yang mungkin dicantumkan pada benda tersebut.
Benda antik yang bernilai tinggi pada umumnya juga dilengkapi dengan tanda kepemilikan, sehingga bisa menjadi bukti keasliannya. Sedangkan untuk mengetahui umur dan nilai dari suatu benda, Anda bisa melihatnya dari ukiran atau goresan yang terdapat pada benda tersebut. Dalam mengumpulkan koleksi barang antik, orang-orang lebih memilih benda-benda yang berhubungan dengan ketertarikan mereka. Sebagai contohnya, penggemar otomotif lebih memilih mengumpulkan miniatur mobil dan kereta antik, dan penggemar fotografi lebih tertarik untuk membeli kamera tua. Sesuaikan dengan karakter Anda, agar Anda tak cepat merasa bosan dan ingin cepat-cepat menjualnya.
Tips merawat barang antik
Setelah menemukan tambahan koleksi barang antik, Anda tak boleh mendiamkannya begitu saja, melainkan merawatnya agar kondisinya tetap bagus. Sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang atau ingin membeli barang antik lain, Anda masih bisa menjualnya dengan harga yang masih tinggi. Jenis perawatan yang diperlukan berbeda-beda untuk tiap jenis barang, sehingga Anda perlu mengetahui cara merawat yang tepat.
Benda-benda tua dan antik dari kaca perlu dijaga agar tetap bening nan bersih, dengan cara mencuci yang tepat. Agar tak terkikis nilai seninya, benda seperti guci dan lampu kristal cukup dicuci sekali per tahun. Anda perlu menggunakan alas karet agar tak pecah saat tak sengaja menjatuhkannya. Gunakan air hangat dan deterjen lembut tanpa pemutih dan pewangi untuk mencuci, dan gunakan lap lembut untuk mengelapnya. Untuk penyimpanannya, simpan di dalam lemari dan hindarkan dari sinar matahari langsung.
Sedangkan untuk koleksi barang antik dari kayu, cara penyimpanan yang tepat diperlukan karena kayu rentan terhadap udara lembab. Tempatkan kursi atau meja kecil antik dari kayu Anda pada ruangan yang sirkulasi udaranya bagus. Kelembaban bisa memicu munculnya jamur dan rayap, dan paparan sinar matahari bisa memudarkan warna kayu. Nilai artistik benda antik dari kayu adalah permukaannya yang mengkilat atau berkilau. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengolesinya dengan wax setiap bulan.