Barang antik

Kegemaran mengoleksi barang antik adalah kegiatan yang penuh tantangan, seru dan menyenangkan. Kepuasan dan kebanggaan akan anda rasakan, jika berhasil mengoleksi barang antik tertentu apalagi sangat sulit ditemukan. Memang untuk menjadi kolektor barang antik membutuhkan pendanaan yang besar. Bahkan kebutuhan dana ini tidak hanya untuk membeli barang antik favorit anda saja, termasuk biaya lainnya yang muncul ketika anda memburunya. Terkadang kolektor barang antik juga harus menjelajah pelosok negeri dan mancanegara. Tapi hal tersebut bukanlah masalah, karena bisa mendapatkan barang antik sesuai keinginan memang tidak ternilai harganya.
Keuntungan mengoleksi barang antik
Bila anda memiliki barang yang tidak diciptakan lagi oleh produsennya, maka bisa dibilang barang tersebut masuk dalam kategori antik. Biasanya seorang kolektor akan mengumpulkan barang antik sesuai kegemarannya. Misalkan anda gemar filateli atau surat menyurat, maka akan gemar mengoleksi prangko dari berbagai negara, misalkan anda gemar otomotif maka akan sangat suka mengumpulkan mobil atau motor klasik dan sebagainya. Kegemaran mengoleksi barang tertentu tidak hanya berkesan menghambur-hamburkan uang. Tapi justru bisa mendatangkan pundi-pundi keuangan. Karena anda bisa menyewakannya atau menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Sebagai contoh anda gemar mengoleksi mobil klasik, maka anda bisa menyewakannya pada rumah produksi film, pengambilan foto pre wedding dan sebagainya. Jika anda mungkin merasa bosan atau membutuhkan dana khusus, maka bisa menjualnya kepada kolektor lainnya dengan harga yang lebih tinggi tentunya.
Tips menjadi kolektor barang antik
Ketika berburu barang antik, anda haru memiliki perencanaan yang baik agar barang yang diburu sesuai dengan anggaran anda. Karena jika tidak, maka usaha mengoleksi barang antik favorit anda terkesan sia-sia dan menghamburkan banyak uang. Apa saja persiapan lain yang harus anda terapkan?
– Siapkan tempat yang sesuai. Barang antik harus ditaruh di ruangan atau tempat khusus. Tujuannya agar keaslian dan kondisinya terjaga dengan baik. Sehingga lingkungan sekitar tidak membuatnya lebih cepat rusak. Karena bila hal ini terjadi nilai barang antik tersebut akan turun drastis.
– Fokus pada salah satu jenis barang antik. Sebaiknya anda mengoleksi barang yang sesuai kesukaan anda. Karena biasanya anda lebih menguasai seluk beluk barang yang menjadi favorit anda. Dengan begitu anda bisa lebih fokus dalam mencarinya yang terbaik.
– Ketahui daerah atau tempat yang banyak menyimpan barang antik tersebut. Misalkan anda suka berburu rangka rumah joglo, maka daerah di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah bisa menjadi daerah buruan anda.
– Perluas jaringan pertemanan anda. Agar anda mendapatkan banyak informasi mengenai keberadaan barang antik buruan anda, maka anda bisa bergabung pada komunitas pecinta barang unik yang bisa ditemukan secara online dan sebagainya.

Mengoleksi barang antik

Mengoleksi barang antik memang sangat mengasyikan dan memberikan petualangan yang seru. Tidak hanya itu barang antik yang anda koleksi juga bisa mendatangkan keuntungan ekonomi. Baik ketika anda menyewakannya atau juga menjualnya. Terkadang anda mungkin bosan dengan koleksi barang antik anda atau bahkan ada kolektor yang menawar dengan harga relatif tinggi. Sangat sayang tentunya jika anda melewatkan kesempatan emas ini. Keuntungan besar bisa anda dapatkan yang bisa menambah penghasilan anda atau sebagai anggaran untuk berburu barang antik lainnya yang lebih menarik. Untuk menunjang hobi anda ini dan mudah dalam menjual koleksi anda, ada beberapa media yang bisa anda ikuti atau terapkan. Apa saja media yang bisa menunjang anda dalam menjual barang antik?
Bergabung dengan komunitas pecinta barang antik
Anda bisa bergabung dengan komunitas pecinta barang antik yang tersebar luar hingga pelosok tanah air. Saat ini komunitas ini juga sangat mudah ditemukan di dunia maya. Anda seharusnya bergabung dengan komunitas ini. Karena jika anda menjalin pertemanan dengan anggota komunitas tersebut, maka banyak keuntungan yang bisa anda peroleh, diantaranya mengetahui seluk beluk barang antik tertentu, mendapatkan informasi penjual barang antik, mengenal kolektor barang tertentu yang berani bayar dengan harga tinggi dan sebagainya.
Menjual barang antik melalui media online
Anda sebagai kolektor barang antik bisa membuat blog atau website khusus untuk menampilkan beragam koleksi anda. Terangkan spesifikasi barang antik secara lengkap dan cantumkan harga yang anda tawarkan. Sehingga barang antik yang anda jual mendapatkan respon lebih banyak kolektor. Selain itu anda juga bisa berpromosi melalui jejaring sosial, situs jual beli online, bila perlu memasang iklan berbayar di media online yang bonafit dengan pengunjung tinggi dan sebagainya. Agar peluang transaksi penjualan lebih cepat.
Memasang iklan di media cetak
Anda bisa mengandalkan media cetak yang terbit dalam oplah banyak, karena sebagai pertanda banyak pembacanya. Anda bisa memasang iklan sesuai ketersediaan anggaran anda. Anda bisa memasang iklan baris, iklan kolom dan sebagainya di media cetak, seperti koran, tabloid, majalah dan sebagainya. Agar menghemat anggaran anda bisa memilih paket iklan dalam jumlah hari tertentu. Jadi iklan bisa tampil dalam beberapa cetakan media cetak tersebut. Semakin gencar anda beriklan, pastinya semakin banyak juga respon positif dan peluang terjualnya barang antik koleksi anda. Setelah ketemu dengan satu pembeli atau calon pembeli lainnya, sebenarnya hal ini bisa menjadi daftar nama anda ketika anda akan menjual barang antik lainnya. Karena pembeli barang antik sebagian besar adalah kolektor atau pecinta barang antik tersebut. Jadi di lain waktu orang tersebut bisa menjadi calon pembeli barang antik anda selanjutnya.

Cara membedakan barang antik

Masyarakat Indonesia mungkin tidak asing lagi dengan istilah barang antik kuno. Pasalnya di Indonesia sendiri banyak bertebaran pasar barang antik di berbagai kota. Tak jarang pula beberapa kolektor menyempatkan diri untuk berburu barang antik hingga ke pelosok daerah. Hal ini terjadi pula di kota Jakarta yang terkenal dengan jalan Surabayanya. Selain itu, kota Solo juga memiliki pasar Triwindu yang menjadi surga berbelanja bagi sebagian besar kolektor.
Cara membedakan barang antik
Barang-barang antik ini tentunya dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Itulah mengapa berburu barang antik menjadi hobi yang cukup menguras kantong. Hobi ini ternyata juga mengundang beberapa oknum untuk berbuat curang, yaitu dengan memalsukan barang antik. Lalu, bagaimana cara membedakan barang antik kuno yang asli dengan palsu? Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda.
1. Miliki jiwa seni yang tinggi
Untuk mengenali keaslian barang antik, Anda haruslah memiliki jiwa seni murni. Artinya Anda harus telah mengenal barang antik terlebih dahulu. Hal ini wajib dimiliki sebelum Anda benar-benar terjun sebagai seorang kolektor. Christian Deydier, presiden SNA mengatakan bahwa seseorang yang ingin terjun menjadi kolektor barang-barang antik berkesan mewah haruslah teliti. Ini berarti mereka harus aktif mencari tahu tentang keaslian suatu barang sebelum membelinya.
2. Kenali material barang
Sebagian orang mungkin menganggap material yang digunakan dalam setiap barang antik kuno sama saja. Padahal ada sisi yang cukup sulit untuk disamakan dengan barang modern. Hal ini terbukti dalam salah satu produk seperti meja kursi berbahan kayu. Ataupun meja marmer buatan Italia yang bertekstur halus namun sedikit kasar di bagian bawahnya. Oleh karena itu, anda pun harus memperhatikan setiap material barang sebelum salah membeli.
3. Kenali gaya desainer
Setiap barang antik kuno umumnya dibuat dalam edisi terbatas. Ini artinya hanya ada satu barang dalam setiap produksinya. Jika Anda merasa pernah melihat barang itu sebelumnya, cobalah untuk sedikit curiga. Style atau gaya desainer biasanya berbeda antara satu dengan yang lain. Itulah mengapa setiap desainer memiliki ciri khas tersendiri agar mudah dikenali oleh para konsumen mereka. Anda pun pastinya bisa dengan mudah mengikuti perkembangan barang antik untuk desainer tertentu.
Tentunya Anda sudah mengerti bukan bagaimana cara membedakan barang antik asli maupun palsu? Sudah tidak perlu khawatir lagi untuk membeli barang antik tiruan dengan harga selangit. Kini, Anda bisa mendapatkan barang antik kuno asli dengan kualitas terbaik. Jangan takut pula untuk berburu hingga keluar kota untuk hobi menarik Anda kali ini. Karena tak semua orang mampu memiliki jiwa seni untuk mencintai barang-barang indah tersebut.

desain-interior

Maraknya desain interior minimalis mau tak mau membuat Anda merasa jenuh pula bukan? Pastinya Anda ingin memiliki rumah yang bernuansa hangat dan mirip dengan rumah masa dulu. Bahkan ada pula yang tak segan-segan membangun rumah kayu bernuansa vintage. Tidak salah memang, pasalnya desain rumah seperti ini sudah sulit dijumpai di kota. Sayangnya, banyak dari furniture ini yang sulit dijumpai hingga Anda harus berburu ke toko barang antik.
Daftar barang antik
Jika Anda ingin melengkapi furniture bernuansa antik, cobalah untuk mendatangi pasar Triwindu di Solo. Disini Anda akan menjumpai beberapa toko barang antik yang menyegarkan mata. Dan pastinya Anda bisa membuat rumah tampak lebih menarik dan cantik. Setidaknya, ada beberapa furniture antik yang wajib Anda miliki, yaitu.
Gelas kaca
Beberapa gelas kaca ternyata tidak hanya cantik digunakan sebagai peralatan dapur, tetapi bisa pula untuk menghias ruangan. Pasalnya gelas-gelas kaca ini didesain dengan tampilan yang jauh lebih menarik. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai peralatan dapur, cobalah untuk memilih tea set yang tersedia. Umumnya tea set ini memiliki warna dan bentuk yang lebih bervariasi. Bahkan beberapa di antaranya memiliki desain bunga atau flower yang terkesan vintage.
Lampu antik
Untuk makin mempercantik rumah, ada baiknya Anda memilih lampu antik. Lampu antik akan memberikan kesan hangat serta nyaman di dalam rumah Anda. Ada beberapa macam lampu antik yang biasa ditawarkan di toko barang antik, seperti lampu gantung, lampu dinding hingga lampu meja. Biasanya lampu-lampu ini terbuat dari bahan tembaga dengan warna yang sedikit gelap ataupun hitam.
Porselen
Anda pastinya bingung untuk menghias sudut-sudut rumah ataupun meja yang kosong. Kali ini kami berikan solusi paling mudah, yaitu dengan meletakkan porselen-porselen indah. Di toko barang antik, porselen-porselen ini biasanya berasal dari Cina. Desain yang dibuat pun beraneka ragam, mulai dari tea set hingga jam meja. Cukup unik dan menarik untuk membuat spot tertentu terlihat lebih hidup dari sebelumnya.
Peralatan makan
Jika Anda ingin semakin memperkuat kesan vintage di rumah Anda, sudah seharusnya Anda memiliki alat makan perak (silverware). Sayangnya, Anda harus merogoh kocek sedikit dalam untuk mendapatkannya. Pasalnya tidak semua set tersedia, beberapa di antaranya harus terpisah di beberapa toko barang antik. Tak salah bila nantinya alat makan Anda akan terkesan lebih mewah dan memiliki unsur kerajaan.
Furniture kayu
Anda tak ingin bukan menghias rumah setengah-tengah? Saran selanjutnya adalah memilih furniture kayu seperti meja ataupun kursi. Tapi, jangan mudah terkecoh dengan toko barang antik yang mengatakan bahwa produk yang ditawarkan asli dari kayu. Beberapa buatan pabrik malah mencampur bahannya dengan kayu tekan yang tidak begitu natural. Sehingga tampilannya terlihat jauh dari kata vintage dan menarik.

membeli-barang-antik

Siapa bilang membeli barang antik hanya membuang-buang uang? Ternyata hobi para kolektor untuk berburu barang barang antik bisa dijadikan investasi. Hal ini sejalan dengan pemikiran Lai Hai Jian. Cara ini bisa dijadikan sebagai investasi yang cukup prospektif di masa akan datang. Seperti yang kita ketahui, harga barang antik akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Artinya barang yang Anda beli hari ini mungkin akan dihargai beberapa kali lipat di masa mendatang.
Sama halnya dengan berinvestasi pada tanah ataupun rumah, barang antik pun memiliki porsinya sendiri. Untuk sebagian kolektor yang cerdik, ini bisa pula jadi peluang bisnis yang menggiurkan. Tentunya dengan perhitungan yang tepat pula tentang barang yang ingin ditawarkan. Tak salah bila Anda harus berburu hingga keluar kota ataupun luar negeri untuk mendapatkannya. Karena Anda akan mendapatkan untung yang berkali-kali lipat.
4 cara berinvestasi
Bagi Anda yang ingin memulai bisnis di bidang barang barang antik, ada baiknya memang untuk mengikuti tips di bawah ini.
Tingkatkan pengetahuan Anda seputar barang antik
Sebagian orang mungkin sedikit bingung ketika ingin membeli barang antik. Pasalnya banyak oknum yang melakukan kecurangan dalam menjual barang tiruan. Hal ini pastinya membuat Anda akan semakin mudah untuk tertipu. Jika tidak ingin, cobalah untuk mencari tahu lebih detail tentang barang barang antik tersebut. Salah satunya tentu dengan sering mencari tahu ataupun berbagi informasi dengan sesama kolektor.
Kenali sejarah barang
Barang antik pastinya memiliki sejarahnya sendiri. Bagi beberapa orang, sejarah tentunya menjadi hal yang tidak penting. Tetapi bagi seorang kolektor, Anda dituntut cerdas untuk mengetahui sejarah barang barang antik. Contohnya saja peninggalan dari dinasti Cina yang masih diburu hingga sekarang. Bahkan kolektor tak ragu-ragu untuk mengeluarkan uang hingga ratusan juta demi sebuah barang antik bersejarah.
Kualitas barang
Sejalan dengan keaslian barang, tentunya kualitas yang ditawarkan haruslah terbaik. Pasalnya ada beberapa barang antik yang dijual dengan kualitas di bawah standar. Ini tentunya tak layak untuk Anda koleksi ataupun miliki. Bisa jadi pula ini adalah barang antik tiruan yang dibuat untuk mengelabui Anda sebagai seorang kolektor. Oleh karena itu, cobalah untuk melihat serta merasakan langsung barang barang antik yang ditawarkan.
Jiwa seni yang tinggi
Jiwa seni sebenarnya adalah unsur wajib yang harus dimiliki oleh setiap kolektor. Dengan jiwa seni yang tinggi, mereka pastinya bisa secara langsung menaksir kualitas barang. Tak hanya itu, mereka pun akan dengan mudah membedakan apakah barang antik tersebut asli ataupun palsu. Insting mereka dalam menilai barang juga bisa diperhitungkan dalam berinvestasi. Sehingga mereka akan lebih mudah untuk melakukan investasi jangka panjang lewat barang barang antik.

keuntungan-koleksi-dan-bisnis-barang-antik

Jika Anda ingin memulai bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan besar, bisnis penjualan barang-barang antik bisa Anda jadikan pilihan. Namun, tentu saja Anda sendiri perlu memiliki ketertarikan pada barang-barang yang usianya sudah puluhan atau bahkan ratusan tahun. Meski terlihat sangat tua, nilai seni dan nilai jual barang antik sangatlah tinggi. Bagi orang yang memiliki ketertarikan tinggi atau hobi mengoleksinya, tidak akan keberatan untuk membeli tak peduli berapapun harga barang antik tersebut.
Macam-macam barang antik
Ada berbagai jenis barang antik yang dicari oleh para penggemar maupun kolektornya, mulai dari perkakas kuno, piringan hitam, hingga guci-guci antik bernilai tinggi. Bagi penggemar dunia fotografi dan penyuka barang-barang antik, tidak akan keberatan untuk membeli kamera lawas yang dijual di pasar antik, meski tidak berfungsi lagi dan harga barang antik tersebut cukup mahal. Memajang dan memamerkan kamera antik di kamar atau lemari khusus meletakkan koleksi barang antik bisa memberi kesenangan dan kebangaan tersendiri.
Untuk penggemar lagu-lagu lama atau pendengar musik sejati, piringan hitam menjadi barang kuno yang sangat menarik untuk dikoleksi. Berbeda dengan lagu-lagu yang diputar melalui komputer atau tape, musik yang dihasilkan piringan hitam memberi sensasi tersendiri. Meski piringan yang dibeli sudah rusak sekalipun, Anda bisa menempatkannya pada pigura dan memasangnya pada tembok untuk hiasan. Sedangkan untuk penggemar budaya dan tradisi Jawa, wayang-wayang dan gunungan kuno menjadi barang antik yang bernilai seni tinggi.
Keuntungan koleksi dan bisnis barang antik
Bagi beberapa orang, barang-barang kuno tersebut memang hanya barang rongsokan yang sudah tak bisa digunakan lagi. Namun barang-barang tak berfungsi tersebut bisa bernilai tinggi saat ditangani oleh kolektor barang kuno yang tepat. Jika Anda memiliki ketertatikan mendalam pada barang antik dan mengerti tentang nilai seni dan harga barang antik, mungkin Anda bisa mulai bisnis menguntungkan tersebut. Nilai jual barang antik sendiri bisa ditentukan oleh usia barang dan ketelatenan kolektor dalam merawatnya.
Makin tua makin jadi menjadi istilah yang tepat untuk menggambarkan barang antik yang sangat berharga. Semakin tua usia dari barang tersebut, banyak orang yang tertarik dan mencarinya, sehingga harganya pun bisa semakin tinggi. Nilai sejarah atau historical yang terkandung dalam barang tersebut juga menambah daya tarik dan nilai jualnya, seperti misalnya guci-guci antik berusia ribuan tahun dari dinasti tertentu.
Tingginya nilai artistik dan harga barang antik juga sangat dipengaruhi oleh tangan kolektor yang menanganinya. Kolektor yang mengerti nilai seni dari sebuah barang bisa menjadikannya daya tarik untuk menarik minat para penggemar barang antik dan menaikkan harga jualnya. Tanggal pembuatan dan tanda tangan pembuat barang seni yang menjamin keaslian barang tersebut juga menjadi daya tarik yang penting. Untuk meraup keuntungan yang sangat tinggi, Anda bisa menjualnya ke per orangan atau ke toko barang-barang antik.

barang-antik-sudah-dikenal-dengan-harga-belinya

Barang antik sudah dikenal dengan harga belinya yang sangat tinggi, namun bagi penggemar dan pembeli barang antik, tentu harga yang selangit tersebut tak menjadi masalah. Dengan nilai sejarah yang ada dalam benda berusia ratusan tahun tersebut, penggemar benda antik memperoleh kesenangan tersendiri. Jika Anda gemar berburu barang antik, Anda bisa mendapatkannya di pasar-pasar benda antik berikut ini.
Pasar di Indonesia
Di Indonesia, ada 3 tempat yang merupakan surga bagi pemburu benda-benda antik. Pasar Triwindu di Solo merupakan pasar yang menyediakan koleksi barang antik yang sangat beraneka ragam. Anda bisa menemukan barang-barang kecil seperti uang kuno dan keramik, hingga benda yang ukurannya lebih besar seperti lampu dan sepeda antik. Sambil berburu benda antik untuk dikoleksi, Anda bisa menikmati suasana kota Solo yang tenang dan nyaman.
Di tengah hiruk pikuk Jakarta yang serba modern, Anda bisa memuaskan hasrat berburu barang antik di sebuah tempat yang menawarkan beragam barang antik, tepatnya di Jalan Surabaya. Deretan kios-kios di pinggir jalan menyediakan banyak barang antik, baik yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri. Pembeli barang antik bisa memilih barang berdasarkan hobinya, seperti misalnya kapal-kapal kuno, kamera antik dan lukisan antik bernilai seni tinggi. Perkakas-perkakas tua seperti porselen, guci dan lampu kristal antik nan indah dari Ceko juga bisa Anda temukan di salah satu sudut kota di Jakarta ini. Anda yang tinggal di Bandung juga bisa menemukan barang-barang kuno di Jalan Chiapit.
Pasar di luar negeri
Untuk pembeli barang antik yang tertarik dengan benda-benda tua bernilai seni dari negara lain, pasar-pasar di luar negeri bisa dikunjungi. Jika Anda memiliki rencana berlibur ke luar negeri, Anda bisa memasukkan nama pasar tersebut ke dalam agenda berlibur Anda. Bemondsey Market yang sudah ada sejak 1855 merupakan pasar tradisional di Inggris yang menyediakan benda-benda tua yang sarat akan sejarah. Anda bisa berkunjung dari satu kios ke kios lain untuk membeli kartu pos kuno atau furnitur antik. Agar bisa mendapatkan barang paling bagus dari pasar yang hanya beroperasi pada hari Jum’at ini, Anda perlu datang sepagi mungkin sekitar pukul 5 pagi.
Jika Anda merencanakan untuk berlibur di Argentina, Buenos Aires menjadi tempat yang wajib Anda kunjungi. San Telmo Antiques Fair merupakan surga bagi para pemburu dan pembeli barang antik yang menawarkan beraneka macam benda-benda kuno. Pasar yang buka setiap hari Minggu ini selalu dipenuhi wisatawan lokal maupun asing, yang ingin menambah koleksi pernak-pernik antik hingga poster asli film-film lama yang sudah tak bisa Anda temui lagi. Anda juga bisa menikmati hiburan musik dan tarian yang dimainkan musisi jalanan saat memilih barang dan bertransaksi dengan penjual di pasar yang di buka pada pukul 10 pagi hingga 4 sore ini.

tips-membeli-benda-antik

Tak peduli berapapun uang yang perlu dikeluarkan, penggemar dan kolektor benda-benda antik tak akan keberatan untuk membeli dan menambah koleksinya. Dengan harganya yang selangit tersebut, tentu kita harus berhati-hati saat membeli barang-barang kuno agar tidak tertipu barang palsu. Agar koleksi barang antik Anda juga terjaga keindahannya, perawatan khusus dan telaten sangat diperlukan. Saat ingin menjual salah satu koleksi lama pun, harga jualnya masih tetap tinggi.
Tips membeli benda antik. Membeli barang antik memang paling tepat dilakukan secara langsung ke sebuah toko, agar bisa menilai keaslian dan nilai seni barang tersebut. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah keaslian dari sebuah benda antik. Anda bisa mengecek originalitas dari sebuah barang dengan menanyakan sejarahnya pada penjual. Sayangnya, terkadang si penjual sendiri tak tahu menahu tentang sejarah dan keaslian barang tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba cara lain, yaitu dengan mencari tanggal pembuatan yang mungkin dicantumkan pada benda tersebut.
Benda antik yang bernilai tinggi pada umumnya juga dilengkapi dengan tanda kepemilikan, sehingga bisa menjadi bukti keasliannya. Sedangkan untuk mengetahui umur dan nilai dari suatu benda, Anda bisa melihatnya dari ukiran atau goresan yang terdapat pada benda tersebut. Dalam mengumpulkan koleksi barang antik, orang-orang lebih memilih benda-benda yang berhubungan dengan ketertarikan mereka. Sebagai contohnya, penggemar otomotif lebih memilih mengumpulkan miniatur mobil dan kereta antik, dan penggemar fotografi lebih tertarik untuk membeli kamera tua. Sesuaikan dengan karakter Anda, agar Anda tak cepat merasa bosan dan ingin cepat-cepat menjualnya.
Tips merawat barang antik
Setelah menemukan tambahan koleksi barang antik, Anda tak boleh mendiamkannya begitu saja, melainkan merawatnya agar kondisinya tetap bagus. Sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang atau ingin membeli barang antik lain, Anda masih bisa menjualnya dengan harga yang masih tinggi. Jenis perawatan yang diperlukan berbeda-beda untuk tiap jenis barang, sehingga Anda perlu mengetahui cara merawat yang tepat.
Benda-benda tua dan antik dari kaca perlu dijaga agar tetap bening nan bersih, dengan cara mencuci yang tepat. Agar tak terkikis nilai seninya, benda seperti guci dan lampu kristal cukup dicuci sekali per tahun. Anda perlu menggunakan alas karet agar tak pecah saat tak sengaja menjatuhkannya. Gunakan air hangat dan deterjen lembut tanpa pemutih dan pewangi untuk mencuci, dan gunakan lap lembut untuk mengelapnya. Untuk penyimpanannya, simpan di dalam lemari dan hindarkan dari sinar matahari langsung.
Sedangkan untuk koleksi barang antik dari kayu, cara penyimpanan yang tepat diperlukan karena kayu rentan terhadap udara lembab. Tempatkan kursi atau meja kecil antik dari kayu Anda pada ruangan yang sirkulasi udaranya bagus. Kelembaban bisa memicu munculnya jamur dan rayap, dan paparan sinar matahari bisa memudarkan warna kayu. Nilai artistik benda antik dari kayu adalah permukaannya yang mengkilat atau berkilau. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengolesinya dengan wax setiap bulan.