membeli-barang-antik

Siapa bilang membeli barang antik hanya membuang-buang uang? Ternyata hobi para kolektor untuk berburu barang barang antik bisa dijadikan investasi. Hal ini sejalan dengan pemikiran Lai Hai Jian. Cara ini bisa dijadikan sebagai investasi yang cukup prospektif di masa akan datang. Seperti yang kita ketahui, harga barang antik akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Artinya barang yang Anda beli hari ini mungkin akan dihargai beberapa kali lipat di masa mendatang.
Sama halnya dengan berinvestasi pada tanah ataupun rumah, barang antik pun memiliki porsinya sendiri. Untuk sebagian kolektor yang cerdik, ini bisa pula jadi peluang bisnis yang menggiurkan. Tentunya dengan perhitungan yang tepat pula tentang barang yang ingin ditawarkan. Tak salah bila Anda harus berburu hingga keluar kota ataupun luar negeri untuk mendapatkannya. Karena Anda akan mendapatkan untung yang berkali-kali lipat.
4 cara berinvestasi
Bagi Anda yang ingin memulai bisnis di bidang barang barang antik, ada baiknya memang untuk mengikuti tips di bawah ini.
Tingkatkan pengetahuan Anda seputar barang antik
Sebagian orang mungkin sedikit bingung ketika ingin membeli barang antik. Pasalnya banyak oknum yang melakukan kecurangan dalam menjual barang tiruan. Hal ini pastinya membuat Anda akan semakin mudah untuk tertipu. Jika tidak ingin, cobalah untuk mencari tahu lebih detail tentang barang barang antik tersebut. Salah satunya tentu dengan sering mencari tahu ataupun berbagi informasi dengan sesama kolektor.
Kenali sejarah barang
Barang antik pastinya memiliki sejarahnya sendiri. Bagi beberapa orang, sejarah tentunya menjadi hal yang tidak penting. Tetapi bagi seorang kolektor, Anda dituntut cerdas untuk mengetahui sejarah barang barang antik. Contohnya saja peninggalan dari dinasti Cina yang masih diburu hingga sekarang. Bahkan kolektor tak ragu-ragu untuk mengeluarkan uang hingga ratusan juta demi sebuah barang antik bersejarah.
Kualitas barang
Sejalan dengan keaslian barang, tentunya kualitas yang ditawarkan haruslah terbaik. Pasalnya ada beberapa barang antik yang dijual dengan kualitas di bawah standar. Ini tentunya tak layak untuk Anda koleksi ataupun miliki. Bisa jadi pula ini adalah barang antik tiruan yang dibuat untuk mengelabui Anda sebagai seorang kolektor. Oleh karena itu, cobalah untuk melihat serta merasakan langsung barang barang antik yang ditawarkan.
Jiwa seni yang tinggi
Jiwa seni sebenarnya adalah unsur wajib yang harus dimiliki oleh setiap kolektor. Dengan jiwa seni yang tinggi, mereka pastinya bisa secara langsung menaksir kualitas barang. Tak hanya itu, mereka pun akan dengan mudah membedakan apakah barang antik tersebut asli ataupun palsu. Insting mereka dalam menilai barang juga bisa diperhitungkan dalam berinvestasi. Sehingga mereka akan lebih mudah untuk melakukan investasi jangka panjang lewat barang barang antik.