Barang antik

Kegemaran mengoleksi barang antik adalah kegiatan yang penuh tantangan, seru dan menyenangkan. Kepuasan dan kebanggaan akan anda rasakan, jika berhasil mengoleksi barang antik tertentu apalagi sangat sulit ditemukan. Memang untuk menjadi kolektor barang antik membutuhkan pendanaan yang besar. Bahkan kebutuhan dana ini tidak hanya untuk membeli barang antik favorit anda saja, termasuk biaya lainnya yang muncul ketika anda memburunya. Terkadang kolektor barang antik juga harus menjelajah pelosok negeri dan mancanegara. Tapi hal tersebut bukanlah masalah, karena bisa mendapatkan barang antik sesuai keinginan memang tidak ternilai harganya.
Keuntungan mengoleksi barang antik
Bila anda memiliki barang yang tidak diciptakan lagi oleh produsennya, maka bisa dibilang barang tersebut masuk dalam kategori antik. Biasanya seorang kolektor akan mengumpulkan barang antik sesuai kegemarannya. Misalkan anda gemar filateli atau surat menyurat, maka akan gemar mengoleksi prangko dari berbagai negara, misalkan anda gemar otomotif maka akan sangat suka mengumpulkan mobil atau motor klasik dan sebagainya. Kegemaran mengoleksi barang tertentu tidak hanya berkesan menghambur-hamburkan uang. Tapi justru bisa mendatangkan pundi-pundi keuangan. Karena anda bisa menyewakannya atau menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Sebagai contoh anda gemar mengoleksi mobil klasik, maka anda bisa menyewakannya pada rumah produksi film, pengambilan foto pre wedding dan sebagainya. Jika anda mungkin merasa bosan atau membutuhkan dana khusus, maka bisa menjualnya kepada kolektor lainnya dengan harga yang lebih tinggi tentunya.
Tips menjadi kolektor barang antik
Ketika berburu barang antik, anda haru memiliki perencanaan yang baik agar barang yang diburu sesuai dengan anggaran anda. Karena jika tidak, maka usaha mengoleksi barang antik favorit anda terkesan sia-sia dan menghamburkan banyak uang. Apa saja persiapan lain yang harus anda terapkan?
– Siapkan tempat yang sesuai. Barang antik harus ditaruh di ruangan atau tempat khusus. Tujuannya agar keaslian dan kondisinya terjaga dengan baik. Sehingga lingkungan sekitar tidak membuatnya lebih cepat rusak. Karena bila hal ini terjadi nilai barang antik tersebut akan turun drastis.
– Fokus pada salah satu jenis barang antik. Sebaiknya anda mengoleksi barang yang sesuai kesukaan anda. Karena biasanya anda lebih menguasai seluk beluk barang yang menjadi favorit anda. Dengan begitu anda bisa lebih fokus dalam mencarinya yang terbaik.
– Ketahui daerah atau tempat yang banyak menyimpan barang antik tersebut. Misalkan anda suka berburu rangka rumah joglo, maka daerah di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah bisa menjadi daerah buruan anda.
– Perluas jaringan pertemanan anda. Agar anda mendapatkan banyak informasi mengenai keberadaan barang antik buruan anda, maka anda bisa bergabung pada komunitas pecinta barang unik yang bisa ditemukan secara online dan sebagainya.